Sabtu, 22 Maret 2014

TAHAP PELEDAKAN



PELEDAKAN (BLASTING)
Peledakan (Blasting)
Adalah suatu pekerjaan dimana pekerjaan tersebut menghancurkan / memecahkan suatu matrial dengan menggunakan bahan peledak. 










TAHAP-TAHAP PELEDAKAN:

1. Pembersihan lokasi yang akan diledakan
Lokasi yang akan diledakan (blasting) terlebih dahulu dibersihkan dari matrial sisa yang mengganggu dengan bantuan bulldozer.





Aktifitas Pembersihan




2. Penentuan Titik Bor.
Titik bor di tentukan setelah pembersihan area yang akan di ledakan agar alat bor lebih mudah dalam membornya, dan hasil ledakan agar semaksimal mungkin sempurna sesuai jenis matrial dan desain yang dipakai, penentuan titik bor biasanya menggunakan tali seperti pita dengan tiga orang dan ditandai dengan potongan pita yang di ikat dengan batu.

Seperti gambar dibawah ini yang menggunakan pola peledakan yang digunakan adalah pola zigzag, ( staggered  pattern).


Aktifitas Pengukuran Titik Lubang Bor

 

3. Proses Drilling.
Proses pengeboran sesuai dengan titik yang sudah ditentukan, dan salah satu alat bor yang dipakai dalam pembuatan lubang bor adalah Terex reedrill DR 069 dengan diameter  bor 20 cm.




Aktifitas Pengeboran




4. Pengisian Bahan Peledak.
Pengisian bahan peledak ini dengan menggunakan  MMU (Mobil Mixing Unit) dengan bahan peledak Amunium Nitrate




Aktifitas Pengisian Bahan Peledak Pada Lubang Bor




5.  Persiapan Peledakan.
Persiapan peledakan yaitu meliputi pemasangan kabel – kabel antar lubang ledak dan memastikan kabel tersebut terhubung dengan baik, setelah semua OK. Lanjut.


6. Pengamanan Area.
Didalam pengamanan area yang akan diledakan ada aturan yang harus di terapkan yaitu pengaman area front peledakan dari  manusia dan alat yang beroprasi di area tidak aman untuk peledakan, dan menjaga semua jalan  masuk yang mengarah ke area peledakan dari warga sekitar dan lalu lintas warga yang beraktifitas pada area tidak aman, area aman peledakan untuk manusia berjarak 500 meter dari area peledakan sedangkan untuk alat 300 meter dari area peledakan.

7. Peledakan.
Setelah semua aman dan di kosongkan dari alat dan manusia maka siap untuk diledakan.







SEKIAN DULU
kalo ada saran coment aza.!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar