Rabu, 17 Desember 2014

ALAT PENGUKUR pH AIR DAN CARA PENGGUNAANNYA


ALAT PENGUKUR pH AIR DAN CARA PENGGUNAANNYA



Pengukuran pH Air dalam pertambangan sangatlah penting guna untuk mengetahui kadar Air Asam Tambang di lokasi area Penambangan, Settlingpond, dan Sungai dekat operasi penambangan, sekaligus untuk pengelolaan lingkungan limbah cair dan tanggung jawab perusahaan terhadap pemerintah, alat pengukur pH ada dua yang biasa di gunakan Kertas pH (kertas lakmus) dan pH Meter .






      1. Kertas pH
Kertas pH (Lakmus) adalah alat  Yang digunkan untuk mengukur pH Air yang non elektronik dan mempunyai kelebihan jika air dalam kondisi keruh atau banyak lumpur yang tercampur, Kertas pH akan lebih Akurat untuk dibuat pengukuran pH Air.


Kertas Lakmus

Cara penggunaan nya :
Pertama ambil air sampel yang mau di ukur pHnya kedua ambil kertas pH sebuah ketiga masukkan kertas kedalam air hingga 5 menit, ke empat cocokkan dengan neraca pada wadah kertas pengukur tersebut. Dan lihat mana nilai atau warna yang lebih cocok dengan Indikator pH  tersebut
     


      2.  pH Meter
pH meter adalah alat  yang diguakan untuk pengkuran pH air yang elektronik dan ini biasa di gunakan untuk air yang tidak bercampur lumpur ( air yang jernih) karna jika dipakai dalam kondisi air yang bercampur lumpur maka pH tersebut tidak akurat lagi dan setiap penggunaan harus di kalibrasi.

pH Meter

Cara penggunaannya :
Pertama ambil sampel air yang mau di ukur pHnya kemudian nyalakan alat  pH meter tersebut  dan kemudian masukkan ke dalam air Uji dan tunggu sampai Digital Number pada pH meter Tersebut  Sampai Posisi tidak Berubah Berubah ( sampai tenang)

Ph air yang ideal adalah 6,5 - 8,5 dan TDS kurang dari 50 ppm   jika pH dibawah 6 maka air akan asam dan jika di atas 8,5 maka air akan terasa pahit.





Bersambung Sekian Dulu...!!!

5 komentar:

  1. Kami men Jual PH Meter

    Jenis PH Meter yang kami jual ada berbagai macam: model Pen, Bench, Tanah, All in One.

    Untuk informasi lengkap, spesifikasi, foto dan video demo pemakaian bisa cek langsung di website kami
    WWW.DIGILIFEWEB.COM
    SMS/ Telp 0811 99 8585
    Email: order@digilifeweb.com

    BalasHapus
  2. Alat Pengukur pH Air PE01

    Jual Alat Pengukur pH Air PE01 murah berkualitas terjamin – Jika anda ingin membeli alat ukur ph air atau alat penguji pH Air, kami CV. Java Multi Mandiri sebagai supplier alat ukur dan alat uji yang terpercaya menyediakan produk yang anda cari . http://goo.gl/DWnYPA
    http://trijinx.com/alat-pengukur-ph-air-pe01/

    BalasHapus
  3. bos mohon info harga untuk alat test nya ya.trimakasih

    BalasHapus
  4. Kenapa air boiler berwarna agak kemerah merahan? Apa penyebabnya ya???trus cara mengkalibrasi alat pH meter gimana ya?

    BalasHapus